20 Tahun TAMZIS Membawa Kebahagiaan

    Dibaca 706 kali


Ketika tulisan ini dibuat keluarga besar TAMZIS sedang diliputi kebahagiaan. Hal ini karena pada tanggal 22 Juli 2012 kemarin, keluarga besar TAMZIS telah genap berumur 20 tahun (1992-2012), bergandeng tangan, kerjasama, bahu membahu melakukan misi besar dakwah melalui ekonomi syariah. Yaitu berdakwah untuk membawa masyarakat dari keadaan gelap gulita menuju cahaya.

Terasa singkat memang bagi kita yang berada di dalamnya. Karena memang terasa seperti menata batu demi batu, sejengkal demi jengkal untuk membangun ekonomi syariah. Tak terasa, jalan yang kita lalui selama 20 tahun ini telah menjadi infrastruktur penting bagi masyarakat produktif yang lebih sejahtera.

Sesungguhnyalah segenap karyawan yang mengajak untuk menabung, mendengarkan kesulitan-kesulitan usaha mereka, memahami semangat mereka dengan wani nglemprak, suatu pendekatan yang menghilangkan jarak pelayanan yang membawa masyarakat melek—terbuka mata—secara financial. Menjadikan mereka memiliki kemampuan menabung, mampu merencanakan keuangan, membuat mereka tahan dalam kondisi goncangan dan mampu mengelola aset untuk mengembangkan usaha berikutnya menjadi pengusaha yang tangguh.

Keluarga TAMZIS yang saya cintai. Saya atas nama diri dan atas nama Ketua Pengurus TAMZIS ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota TAMZIS yang telah memberikan kepercayaan dan berkontribusi aktif serta terus menerus mendorong lembaga keuangan syariah TAMZIS menjadi lembaga yang modern, sehat, besar sesuai syariah dan terus melayani pembiayaan bagi usaha mikro.

Anggota yang berbahagia, manajemen, karyawan dan keluarga TAMZIS. Perlu diketahui, bahwa koperasi kita ini didirikan karena suatu keyakinan bahwa bisnis yang dijalankan bertujuan untuk mewujudkan kebahagiaan yang hakiki. Kabahagiaan duniawi dan ukhrawi bagi seluruh stakeholdernya. Kebahagiaan bagi anggota, pengurus, manajemen dan karyawan yang kita sebut FALAH.

Bukankah Falah itu sering kita dengarkan malalui muadzin, untuk menuju kemenangan, kesuksesan dan kebahagian, hal itu bukan saja di dunia ini tapi jauh ke depan yakni nanti di akhirat.

Keluarga TAMZIS yang selalu diliputi kebahagiaan, bahwa selama ini diperusahaan kita diliputi oleh sikap-sikap kejujuran, kemampuan beradaptasi, kebersamaan dan amanah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Cerita-cerita mengenai kecintaan terhadap perusahaan sehingga rela berkorban. Cerita bagaimana egaliternya perusahaan kita sehingga tiada jarak antara pengurus, pengelola dan karyawan di setiap level, tentu masih banyak lagi cerita yang hidup dan dituturkan. Mudah-mudahan nilai-nilai ini dapat diajarkan dan ditransformasikan dari person ke person, dari generasi ke generasi.

Makanya perlu kita membuat formula budaya perusahaan yang kita cintai ini. Perlu diketahui, bahwa nilai perusahaan merupakan nilai-nilai yang dimiliki perusahaan yang menjadi kebanggan dan selalu dijaga serta dijadikan budaya untuk mengawal suatu keputusan yang telah dan yang akan kita ambil.

TAMZIS merumuskan budaya perusahaan sesuai dengan slogan kita “Happy life, Happy Syariah” yang kemudian disarikan dalam “LIFE”. LIFE sendiri mempunyai akronim dari Learning, Integrity, Friendliness dan Endurance.

Learning adalah sikap budaya yang selalu profesional dalam pelayanan dan selalu berpikir terbuka, dinamis dan adaptif. Karena semua akan terus berubah, mulai landscap bisnis, ekonomi, politik dan teknologi senantiasa berubah dan berkembang. Oleh karena itu, kita harus mengembangkan budaya perusahaan kita sebagai perusahaan pembelajar.

Integrity adalah budaya untuk melayani dan mengutamakan ketekunan, kejujuran, tanggungjawab dan mencintai profesi kita. Lembaga kita adalah lembaga yang menempatkan kejujuran dalam kedudukan yang sangat tinggi. Sebagaimana dikatakan orang bijak, “bumbu boleh sama, tapi hanya koki yang mencintai profesinyalah yang membuat perbedaan”.

Friendliness adalah budaya untuk menjalin komunikasi, membangun sinergi dan meningkatkan kerjasama dengan seluruh stakeholder perusahaan. Betapa banyaknya kita yang tidak bisa memahami perbedaan antara bekerja bersama-sama dengan bekerjasama. Tahukah, bahwa bangunan yang kokoh dan menjulang merupakan kerjasama antara batu, pasir yang cerai-berai, besi dengan semen yang kuat dari benturan tapi tak tahan dari lenturan. Sedang besi memiliki sifat sebaliknya, ia bisa ditarik sepanjang-panjangnya tetapi tak tahan terhadap benturan, semua itu direkatkan dengan barang yang paling lemah yakni air. Sehingga menyatu dan tahan terhadap gonjangan, kuat dan kokoh terhadap benturan sekaligus fleksibel.

Jadi sebuah perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu mengkomunikasi visi dan misinya, seluruh langkah-langkahnya dan di dalamnya diisi oleh pribadi-pribadi yang utuh dan berkualitas.

Endurance adalah suatu budaya untuk menjadi pribadi atau lembaga yang dapat diandalkan, pantang menyerah dan selalu tertantang untuk selalu meningkatkan kinerja. Selama 20 tahun ini, saya berbahagia karena setiap hari dikelilingi oleh pribadi-pribadi yang memiliki energi yang luar biasa dan mencurahkan energi itu untuk sesuatu yang diyakini akan memberi manfaat untuk orang lain. Kesadaran motivasional pada akhirnya kita akan mempertangungjawabkan kepad Allah jua yang membuat kita memberikan kinerja terbaik.

Marilah momentum ini kita gunakan untuk memperbaiki diri kita, menyiapkan program-program yang telah disusun oleh pengurus. Tentu, agar kita bisa melangkah demi masa depan yang lebih cerah. Kita perlu waktu-waktu ini untuk berbenah. Saya berpesan, janganlah kita masuk dalam zona nyaman dan enggan untuk selalu memperbaiki diri. Perusahaan kita adalah perusahaan pembelajar. Oleh karena itu, mari kita tatap masa depan dengan penuh tantangan dan penuh peluang.

Akhirnya, saya ingin mengucapkan Selamat ulang tahun TAMZIS yang mengusung tema “20 tahun TAMZIS membawa kebahagiaan”. Semoga menjadi fondasi untuk memperoleh pencapaian-pencapain yang lebih luas lagi. Yang menyebabkan kebahagian yang lebih besar lagi. Dan semoga 20 tahun TAMZIS memberikan energi yang luar biasa bagi kita semua stakrholder TAMZIS untuk selalu membawa kebahagiaan dimana saja berada. Semoga Allah selalu membersamai seluruh langkah-langkah kita. Happy life, Happy Syariah. []


Artikel Terkait

Mainstreaming Islamic Microfinance
    tmz
  • December 19, 2016

Berkaitan dengan istilah Mainstreaming Islamic Microfinance, istilah itu sendiri kami definisikan sebagai suatu upaya ya ...

INTEGRITY
    tmz
  • December 19, 2016

Majelis Serambi yang dirahmati Allah, saya ingin berbagi cerita, Ramadhan silam dua ponakan namanya Asif dan Fikri yang ...

Manajemen Keuangan Keluarga
    tmz
  • December 19, 2016

Beberapa minggu lalu, saya diberi kesempatan mengisi materi pada pengajian rutin minggu pagi “Keluarga Sakinah” di M ...

Milestone Dakwah
    tmz
  • December 19, 2016

Membaca tulisan ustadz Abdurrahman Muhammad pimpinan umum Hidayatullah, hati saya tergetar. Larut perasaan membayangkan ...

Ekonomi keluarga
    tmz
  • December 19, 2016

Dalam suatu sesi pelatihan, dibuatlah dua kelompok kartu, yang satu berisi kebutuhan-kebutuhan diri. Seperti mengejar di ...