AirAsia dan PBMT Indonesia Dukung Pengembangan Komunitas Produktif di Indonesia

AirAsia dan PBMT Indonesia Dukung Pengembangan  Komunitas Produktif di Indonesia

 

Jakarta. AirAsia dan Perhimpunan BMT (PBMT) Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama guna mendukung pengembangan komunitas produktif di Indonesia yang bertujuan untuk menghasilkan manfaat sosial, (10/8/15).

Perjanjian Kerjasama (The Letter of Intent/ LOI) antara AirAsia dan PBMT Indonesia ditandatangani oleh CEO AirAsia Berhad, Aireen Omar, Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko, dan Presiden PBMT Jularso, disaksikan oleh Grup CEO AirAsia, Tony Fernandes, dan Presiden Direktur PBMT Ventura, Saat Suharto Amjad.

AirAsia adalah maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di dunia selama 7 tahun berturut-turut dengan basis operasi di 5 negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan India. Adapun misi maskapai adalah melayani seluruh masyarakat melalui harga tiket pesawat yang hemat dan konektivitas yang luas. Sedangkan PBMT sebagai salah satu grup microfinance syariah terbesar di dunia memiliki misi untuk mengurangi angka kemiskinan melalui pengembangan komunitas produktif di Indonesia, dengan beragam produk dan jasa layanan keuangan, program pemberdayaan melalui bidang ekonomi dan aktivitas sosial.

Co-Founder dan Grup CEO AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, “Kami sungguh senang dapat bekerja sama dengan PBMT Indonesia dalam mengembangkan komunitas produktif. AirAsia dan PBMT memiliki kesamaan nilai yakni memberikan harapan, merealisasikan mimpi dan memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Adapun AirAsia terbentuk atas semangat mimpi dalam mendemokratisasi industri penerbangan dan hari ini kami telah membantu merealisasikan mimpi banyak orang. Kerjasama ini tentunya memperkuat komitmen kami untuk mengembangkan sektor sosial ekonomi di Indonesia dan kerjasama ini juga merupakan salah satu langkah kami untuk berbagi kepada komunitas di negara-negara tempat kami beroperasi.”

Sementara itu, Presiden PBMT Jularso mengatakan, “Kolaborasi ini akan semakin meningkatkan program pengembangan komunitas produktif kami dimana kami yakin sinergi yang terjalin bersama AirAsia akan semakin membuka lebar ide baru, sumber daya dan kesempatan. Selain itu, kerja sama ini juga mengakomodir kedua institusi dalam meningkatkan fungsi sosialnya secara signifikan, terutama dalam pengembangan usaha kecil dan mikro yang membantu masyarakat kurang mampu.”

Kerja sama antara AirAsia dan PBMT akan saling menguatkan sumber daya dan posisi kedua institusi sehingga memberikan nilai positif bagi masyarakat. Adapun AirAsia hingga saat ini adalah maskapai penerbangan terbesar di Asia yang melayani lebih dari 200 rute ke lebih dari 100 destinasi di 22 negara, sementara jaringan PBMT Indonesia menyebar di seluruh Indonesia dengan lebih dari 700 kantor dan keanggotaan lebih dari 2.2 orang yang mayoritas adalah kegiatan usaha kecil dan mikro.

Seluruh anggota PBMT nantinya juga akan memperoleh fasilitas dalam memperoleh harga khusus di seluruh penerbangan AirAsia. Harga hemat yang ditawarkan AirAsia akan semakin memungkinkan seluruh anggota PBMT untuk mengembangkan bisnis mereka, mengunjungi sanak saudara bahkan pekerja Indonesia yang berada di Malaysia dapat lebih sering terbang kembali tanah air sehingga turut meningkatkan angka penerbangan intra Indonesia.

Selain itu, AirAsia akan memberikan kesempatan bagi anggota PBMT untuk menjual produk dan layanan AirAsia. Dalam mendukung inisiatif ini, AirAsia akan mengembangkan program pelatihan dan pembinaan kepada seluruh anggota PBMT termasuk diantaranya adalah berbagi pengetahuan terkait produk, workshop manajemen, forum pengembangan brand dan pelatihan penjualan (sales). Dengan demikian, AirAsia akan membekali seluruh anggota PBMT dengan beragam program pengembangan kemampuan dan ilmu pengetahuan sehingga dapat lebih efektif mengembangkan bisnis mereka masing-masing. []